Tengkleng “Klewer”

Masakan tengkleng adalah menu kegemaran para bangsawan keraton dimasa-masa yang lampau. Masakan yang satu ini menjadi terkenal dan banyak digemari dan merupakan salah satu makanan favorit para bangsawan keraton sampai saat ini.  Dijaman dahulu semasa kerajaan masih berjaya masakan “tengkleng” menjadi sajian khas dan khsuus setelah para piyayi agung usai berburu.

Bahan utama masakan ini adalah daging kambing muda, kepala kambing, bagian kaki dan tulang rusuk serta punggung yang dimasak bersama tulangnya. Bumbu dan rempah yang digunakan dalam masakan tengkleng banyak berupa bahan rempah akar-akaran antara lain adalah Bawang Merah, Bawang Putih, Jahe, Laos, Batang Sere, Merica dan Kunyit untuk memunculkan warna kuning di kuahnya. Garam, Daun Salam, Cabe Merah Besar serta Cabe Rawit dan bawang merah goreng ditaburkan diatasnya untuk menggoda yang melihatnya.

Cita rasa dari masakan tengkleng adalah rasa gurih dari danging kambing yang sangat menggoda dan membuat sipenikmat serasa tak ingin berhenti menyantapnya lebih-lebih bagi mereka yang suka pedas bisa menikmatinya dengan cabe rawit yang dimasak utuh.

This entry was posted in Makanan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

HTML tags are not allowed.