Gudeg Seger Ayem

Gudeg yang satu ini pada masa dahulu hanya bisa dinikmati oleh keluarga keraton saja karena resep masakannya hanya dimiliki terbatas kalangan juru masak keraton sehingga masyarakat luas tidak banyak tahu bagaimana cita rasa gudeg ini yang sesungguhnya. Warisan keraton Gudeg Seger Ayem sampai sekarangpun hanya dimiliki kalangan terbatas resepnya dan salah satunya adalah DAPUR SOLO. Perlu diketahui Gudeg Seger Ayem, rasanya beda dengan gudeng pada umumnya.

Sajian Gudeg Seger Ayam terdiri dari 4 (empat) macam dan harus disajikan menyatu satu sama lainnya. Keempat unsur itu adalah : Olahan Nangka Muda pilihan, Sambel Goreng Krecek (krecek kelas 1),  Ayam dan Telur yang dimasak khusus dan “Areh” atau semacam saosnya sebagai bumbu penyempurna dari Gudeg Seger Ayem.

Sensasi rasa dari Gudeg yang satu ini lain dari gudeg pada umunya karena rasa manis dari Gudeg Seger Ayem manisnya lembut tidak kuat atau dominan tajam. Ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan adalah  kesemuanya  bahan-bahan pilihan seperti nagka harus benar-benar masih muda dan diolah dengan bumbu seperti ketumbar, daun salam, bawang merah, bawang putih, gula aren (gula merah) dan garam

Sambel Goreng Kreceknya terbuat dari kulit sapi pilihan kualitas No. 1 sehingga menghasilkan Cecek bertekstur lembut dan memiliki aroma yang menggoda.  Untuk Ayam dipilih yang tidak terlalu tua dan tidak banyak berlemak begitu juga telurnya harus baru. Kemudian telur dan ayam dimasak dengan bumbu kemiri, merica, gula, garam daun salam tidak ketinggalan bawang merah dan bawang putih. Sehingga ketika matang ada cita rasa keraton yang khas.

Ayam kampung dan telur dimasak opor rasa terik dengan sensasi rasa yang gurih dan manis yang sangat lembut ini adalah masakan khas jawa yang banyak digemari kerabat keraton dan para saudagar

Areh/saos yang diolah sedemikan rupa dengan berbahan baku santan, diberi kaldu ayam dan ketumbar serta rempah-rempah lain seperti merica, gula jawa, garam, daun salam bawang merah dan bawang putih dimana hasil olahan ini fungsinya  disiramkan diatas sayur gudeg (nangka muda) telur, ayam dan sambal krecek maka hadirlah rasa Gudeg Seger Ayem yang betul-betul sensasional dan ajib  !!!

This entry was posted in Makanan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

HTML tags are not allowed.